Cara Mengatasi Ayam Bangkok Kurang Nafsu Makan


Nafsu makan ayam kurang akan mempengaruhi pertumbuhan ayam aduan Anda, disiai lain sangat merugikan para penghobi ayam aduan khususnya para peternak ayam.

Ayam aduan yang tidak nafsu makan sanggup ditandai dengan hidung berair, sayap melemah, lesu, bulu kusut, dan lain-lain.

Selanjutnya kami akan menawarkan beberapa tips supaya nafsu makan ayam aduan meningkat, berikut ulasannya :

1. Berikan bumbu dapur ibarat bawang merah, bawang putih dan jahe, caranya siapkan bawang putih 3 – 4 siung, jahe 3 batang yang diiris hingga halus, kemudian ditambah 10 gram jahe yang sudah dihaluskan, kemudian campurkan ke pakan ayam, Porsi ayam sampaumur untuk 10 ekor.

2. Berikan porsi pakan ayam yang sesuai (jangan berlebihan) supaya tidak ada pakan yang tersisa. Karena jikalau ada makanan akan menjadi tempat berkembangnya mikroba yang membahayakan percernaan ayam, Dampaknya sanggup menjadikan penyakit dan mengurangi nafsu makan ayam.


3. Pemberian pakan ayam dengan komposisi yang sama, Contoh; dedak bekatul, jagung dengan perbandingan 20:40:40, maka komposisi tersebut jangan diubah, ayam aduan harus, Tapi untuk komposisi makanan perhiasan sanggup diadaptasi dengan kondisi lingkungan ayam. Misal untuk tempat dingin, maka kandungan karbohidrat dan proteinnya sanggup ditingkatkan.

4. Pemberian obat cacing, Ayam yang nafsu makannya berkurang sanggup disebabkan banyak sekali hal, Bisa lantaran sedang sakit atau sanggup lantaran terkena cacingan. Untuk mencegah cacingan diberikan obat cacing 2 atau 3 bulan sekali.

5. Perasan jahe, air perasan jahe dicampur dengan satu kuning telur itik, kemudian diminumkan ke ayam. diberikan pada ayam sampaumur 1x seminggu.

6. Mempuasakan/ membiarkan ayam lapar dalam beberapa hari (ayam aduan cuma diberi air putih saja). Setelah 2 – 3 hari, nafsu makan ayam bangkok aduan akan meningkat, dan santunan pakan dilarang terlalu banyak lantaran sanggup menurunkan nafsu makannya lagi.

7. Memberikan minyak ikan, minyak ikan terbukti berguna meningkatkan nafsu makan ayam aduan, lantaran minyak ikan banyak mengandung protein dan vitamin.


8. Memberikan temulawak. Temulawak merupakan salah satu tumbuhan tradisional dari indonesia yang mempunyai banyak manfaat, salah satunya untuk meningkatkan nafsu makan ayam.

9. Memberikan kencur, kencur mengandung banyak minyak atsiri yang sanggup menciptakan pencernaan lebih lancar, sehingga nafsu makan ayam meningkat.


10. Terakhir menambahkan irisan daun sledri serta kubis sebagai adonan ransum, sebaiknya pakan dicampur dengan air hangat, ayam aduan akan makan dengan lahap.

dimikian tips dari saya, mohon maaf bila mana ada kesalahan, semoga bermanfaat untuk Anda.



Subscribe to receive free email updates: