Rutinitas Ayam Bangkok Sehari Hari Yang Wajib Dilakukan Para Penghobi Ayam Aduan

Merawat ayam laga bukan hanya soal menentukan bibit, sangkar dan pakan saja.

Melainkan ada beberapa rutinitas tersendiri yang biasanya dilakukan para pehobi ayam bangkok aduan yang sudah berpengalaman.

Rutinitas ini diyakini bisa memaksimalkan kekuatan dan juga ketahanan ayam laga.

Namanya rutinitas, berarti kegiatan di bawah ini dilakukan secara terus menerus. Berikut beberapa rutinitas yang dilakukan para botoh renta atau pehobi ayam laga:


Memandikan dan menjemur ayam

Memandikan ayam aduan menjadi rutinitas yang perlu dilakukan setiap hari. Biasanya ayam dimandikan ketika jam 6 hingga 7 pagi dengan memakai air bersih.

Mandi ini sangat penting bagi kesejukan dan kesehatan ayam. mungkin perlu mencar ilmu bagaimana cara memandikan ayam laga yang benar. Setelah dimandikan, ayam biasanya akan dijemur di bawah matahari hingga jam 8 atau ketika matahari masih hangat.

Mengumbar ayam

Mengumbar atau membiarkan ayam melaksanakan kegiatan yang mereka sukai di halaman atau pekarangan juga menjadi rutinitas yang sangat penting. Mengumbar ayam bisa dilakukan sesudah memandikan sambil ayam mengeringkan dan mengepakkan sayap atau kapan saja biar ayam tidak suntuk berada di dalam kandang, mencari makanan tambahan sendiri dan manfaat lainnya yang bekerjasama dengan sifat alaminya.Ini sangat penting untuk menghilangkan stress.

Membuat ayam berlari

Paling tidak, selama 3 kali dalam seminggu, ayam laga perlu berlari biar otot-ototnya tetap kencang dan fatwa darah tetap lancar. Untuk membuat ayam aduan berlari, cukup diberikan babon atau ayam untalan untuk dikejar-kejar hingga kelelahan. Pastikan ayam dilepas di halaman atau pekarangan yang luas biar lebih leluasa ketika mengejar ayam babon atau untalan.

Istirahat

Istirahat sangat penting untuk stimulasi dan mengembalikan energi badan ayam laga. Istirahat biasanya dilakukan ketika usai laga atau usai diumbarkan. Biasanya, jam istirahatnya yaitu ketika pukul 4 sore. Aktivitas istirahat ini bisa dilakukan di dalam sangkar biar ayam tidak berlarian. Cara ini terbukti efektif untuk membiarkan ayam tumbuh dan kembang dengan baik.

Memberikan suplemen

Pemberian pelengkap tambahan ini sangat penting bagi semua jenis ayam laga. Suplemen ini bisa berupa kemasan yang ada di toko atau ramuan tradisional yang terbuat dari bahan-bahan herbal dan diolah dengan tangan sendiri menyerupai jamu pemulihan tenaga, jamu nafas panjang, jamu biar terhindar dari penyakit dan lain sebagainya. Jamu ini resepnya biasanya diwariskan dari para pehobi ayam laga masa kemudian dan sudah terbukti hingga ketika ini.

Beberapa rutinitas di atas memang sebaiknya dilakukan setiap hari biar ayam selalu dalam keadaan sehat dan kuat. Ayam aduan yang diperlakukan dengan beberapa rutinitas di atas telah terbukti menjadi ayam yang lebih tangguh, terhindar dari stress dan tentu saja lebih sehat. Jadi, ayam laga tidak harus selalu dikurung selama seharian atau bahkan berhari-hari.

Demikian artikel dari saya, semoga bermanfaat buat agan-agan semuanya.

Subscribe to receive free email updates: