Cara Membedakan Jenis Kelamin Anakan Ayam Bangkok

Membedakan ayam yang gres menetas dari telurnya terkadang kita dibentuk galau sama anak ayam yang gres menetas, bagi peternak senior ini sudah tak susah untuk membedakan anak ayam jantan dan betina, akan tetapi bagi pemula yang belum tau tips cara membedakan anak ayam jantan dan betina ini sangat membingungkan, dan artikel kali ini saya akan membahas perihal cara membedakan anak ayam jantan dan betina.

Hal ini perlu agan perhatikan apa lagi bagi pemula peternak ayam bangkok, sebab anak ayam bangkok tersebut baik anak ayam jantan dan betina niscaya berbeda perawatannya, sebab bagi peternak senior biasanya sejak ayam masih kecil anak ayam tersebut akan di pelihara sungguh-sungguh sehingga sanggup menghasilkan ayam bangkok yang berkualitas baik sebagai ayam petarung maupun sebagai ayam indukan.

Padahal kalau agan mengetahui ciri-cirinya ini sangat mudah.

Utuk ciri-cirinya sebagai berikut :
Anak ayam sanggup di lihat dari bentuk bulunya:

Anak ayam yang gres saja menetas, terdapat perbedaan di bulunya, bulu yang di maksud disini ialah bulu di cuilan sayapnya.

Dalam gambar diatas sangatlah terang di cuilan bulu tersebut ada perbedaan, yaitu ada bulu yang panjang dan ada bulu yang pendek, dan bulu yang panjang sudah di pastikan kalau anak ayam tersebut berjenis kelamin betina, sedangkan anak ayam yang mempunyai bulu pendek, sudah di pastikan anak ayam tersebut berjenis kelamin jantan.

Membedakan anak ayam dengan cara melihat sifat anak ayam

Cara yang ke-2 ialah melihat eksklusif sifat dari anak ayam tersebut, cara ini sanggup kau praktekan eksklusif memegang anak ayam tersebut, kalau anak ayam tersebut di pegang lalu ia berontak, sanggup dikatakan anak ayam tersebut berjenis kelamin betina, namun kalau anak ayam tersebut dipegang lalu ia membisu saja, sanggup di pastikan anak ayam tersebut berjenis kelamin jantan.

Supaya lebih jelasnya perhatikan klarifikasi di bawah ini :

Ketika anak ayam di pegang cuilan kulit lehernya, lalu di tarik ke atas, kalau kesannya anak ayam tersebut berontak atau kaki dari anak ayam tersebut mencakar-cakar sanggup di pastikan anak ayam berjenis kelamin betina, begitu pula sebaliknya, kalau anak ayam terebut tidak berontak sanggup di pastikan anak ayam tersebut berjenis kelamin jantan. Letakkan anak ayam dengan posisi terbalik di telapak tangan, kalau anak ayam berontak sanggup di pastikan anak ayam tersebut berjenis kelamin betina, tapi kalau anak ayam tersebut membisu saja sanggup dikatakan anak ayam berjenis kelamin jantan.


Cara yang ke 3 ialah pegang ke 2 kaki anak ayam posisikan anak ayam terbalik, kalau anak berontak dengan cara mengibaskan sayapnya berarti anak ayam berjenis kelamin betina, namun kalau anak ayam membisu saja sanggup di pastikan anak ayam tersebut berjenis kelamin jantan.

Membedakan anak ayam dengan cara melihat eksklusif dari kelaminnya

Cara yang ketiga ini hanya sanggup dilakukan saat anak ayam berusia 1 hingga 5 hari. Usia anak ayam 1 – 5 hari merupakan fase anak ayam dalam penyempurnaan kelaminnya.
Cara mengetahuinnya cukup gampang  teman cukup membuka cuilan pembuangan kotoranya ( Dubur )  memakai jari, kalau dubur anak ayam tersebut bentuknya memanjang sudah di pastikan anak ayam berjenis kelamin jantan, sedangkan kalau bentuk dubur anak ayam tersebut melebar sanggup di pastikan anak ayam berjenis kelamin betina. hal ini keakuratannya sanggup mencapai 80 %. Supaya kesannya lebih akurat, lakukan pengecekan di daerah yang terang sehingga nampak terang bentuk dubur anak ayam tersebut.

Demikian artikel yang sanggup saya sampaikan, mohon maaf bila mana ada kesalahan, supaya bermanfaat buat agan.

Subscribe to receive free email updates: