Penyebab Berak Hijau Pada Ayam Bangkok Dan Cara Mengobatinya

Penyakit berak hijau menjadi momok bagi peternak ayam, terutama pada animo penghujan, penyakit yang sering juga disebut kolera ini disebabkan oleh basil Pasteurella Multocida, pada tahap yang lembab menyerupai pada animo penghujan, akan menciptakan basil berkembang dengan cepat, suasana lain yaitu apa yang tidak dapat dilakukan, kebersihannya akan menciptakan penyakit berak hijau gampang menyerang dan menular pada ayam.


Gejala Penyakit Berak Hijau

Diagnosa penyakit yang akurat pada ayam merupakan langkah yang sempurna dalam penanganan tepatnya, untuk diubahsuaikan dengan penyakit ini ada beberapa tanda-tanda yang biasanya muncul:

- Kotoran ayam atau berak berwarna hijau.
- Kadang-kadang dapat hingga bisul pada sambungan daging ayam menjadi lumpuh.
- Ujung jengger berwarna biru kehitaman.
- Pial penggalan bawah bengkak.
- Nafsu Makan menurun
- Keluar cairan dari mulut.
- Jika perpecahan dengan snot atau corisa maka daging ayam akan kebiruan bisul merah.

Penularan Berak Hijau

Berak hijau yaitu penyakit yang gampang menular antara ayam yang satu dengan yang lain, sistem penularan penyakit yang bersifat horizontal, berasal dari ayam berak hijau ke ayam yang sehat, penularan ini dapat memakai daerah pakan dan minum, cara penularan yang lain dapat juga lantaran daerah berlindung dari makhluk yang terkotori penyakit ke sangkar atau dari binatang pengerat tikus, burung dan burung sakit yang keluar kandang.

Ayam yang sakit harus di karantina, penularan penyakit berak hijau juga dapat terjadi secara vertikal dari indukan kepada anakannya, lantaran itu beberapa orang menyarankan indukan yang terjangkit penyakit kolera tidak dapat lagi dipakai bibit indukan.

Pakan ayam juga dapat menjadi media penularan penyakit berak hijau, dalam penyimpanan pakan yang kurang baik, contohnya akan lembab akan menciptakan basil penyebab berak berwarna akan berkembang pada pakan, kalau pakan yang sudah terkotori akan dikonsumsi ayam, maka ayam akan terjangkit penyakit berak hijau.

Pencegahan Penyakit Berak Hijau

Pencegahan penyakit berak hijau besar lebih baik sebelum penyakit menyerang, langkah antisipatif yaitu dengan respons sanitasi sangkar dan lingkungan, daerah penyimpanan, air, lantai dan dinding sangkar harus selalu ditangani, penyemprotan dengan antiseptik dan sangat membantu untuk dilakukan.

Kandang yang jarang dibersihkan akan menciptakan kandungan amoniak menumpuk, lantaran itu higienis dan baik untuk mencegah basil penyebab tidak berkembang.

Kualitas pakan juga harus dijaga dengan baik, tidak ada yang membutuhkan kualitas jelek dan mengandung duduk kasus kolera ini.

Pengobatan Penyakit Berak Hijau

Jika berak hijau sudah terlanjur menyerang ayam, langkah pertama yaitu segera karantina ayam yang sakit, ayam yang terkena penyakit segera diberikan pengobatan melalui oral (makanan) atau diberikan suntikan, sangkar yang akan diserang dengan bawang putih yang diserang dengan antiseptik.

Obat yang diberikan biasanya yaitu antibiotik yang akan membantu ayam membunuh bakteri-bakteri penyebab berak hijau, antibiotika yang disuntikkan antara lain furozolidon, coccilin, neo terramycin, tetra atau mycomas, lokasi penyuntikan yaitu di dada ayam, kolera juga dapat disembuhkan dengan memakai preparat sulfat atau antibiotik menyerupai noxal, ampisol atau inequil.

Demikian bahan dari saya, mohon maaf bila mana ada kesalahan, agar dapat bermanfaat buat agan semua, salam satu hobi.

Subscribe to receive free email updates: