Tips Mempercepat Proses Ayam Mabung Atau Ganti Bulu

Cepat atau usang proses ayam ganti bulu atau mabung tergantung kita, kita sebagai juragan harus memahami bagaimana tata cara perawatan dan jenis pakan apa saja yang sempurna untuk diberikan pada ayam ketika proses mabung.

Berikut langkah yang harus diperhatikan dalam mempercepat proses ayam ganti bulu atau mabung sebagai berikut:


1. Jika ayam Bangkok mulai memasuki masa mabung, maka tindakan pertama yang harus dilakukan ialah pencabutan bulu yang telah mati, bulu yang patah dan bulu yang pangkal bulunya telah memutih, pencabutan bulu tersebut biar bulu yang gres segera tumbuh kembali.

2. Ayam ditempatkan pada sangkar yang ditutupi oleh kain atau dalam bahasa lain di krekep, tujuan untuk menjaga kelembaban udara tetap hangat.

3. Berikan pakan dengan adonan pur dan nasi, berikan terasi untuk mempercepat proses perontokan bulu.

4. Setelah masa perontokan selesai, maka proteksi pakan diadaptasi kembali, dimasa mabung ayam akan menjadi lemah dan membutuhkan banyak protein, mineral dan vitamin yang cukup.

5. Saat bulu muda mulai tumbuh, hentikan proteksi pur, berikanlah beras merah dengan dicampur nasi, berikan juga injeksi vitamin B12 dan B complex seminggu sekali.

6. Ayam tidak perlu di umbar, seminggu sekali saja dilakukan pengumbaran untuk meregangkan otot sayap dan belahan tubuhnya yang lain, dan hati –hati ketika memegangnya, jangan hingga bulu gres tersebut pecah karna akan menciptakan bulu kembali mengulang pertumbuhannya.

7. Ayam yang tengah mabung sanggup dimandikan dengan air pesusan/ cucian beras biar mempercepat proses tumbunya bulu dan mengencangkan kulit ayam. Bisa lakukan 3-4 hari seminggu.

8. Terakhir jangan menempatkan ayam dikandang yang mempunyai sudut tajam. Hal ini sanggup menciptakan bulu gres ayam pecah atau dengan kata lain pertumbuhan bulunya akan terhambat dan kita akan lebih usang lagi menunggu. juga kebersihan dan keadaan sangkar harus diperhatikan.

Mungkin hanya itu yang sanggup saya sampaikan perihal bagaimana cara mepercepat proses mabung, semoga bermanfaat buat agan.

Subscribe to receive free email updates: