Tips Mengatasi Babon Betina Memakan Telurnya Sendiri


Artikel kali ini admin menyajikan tips atau cara mengatasi babon betina memakan telurnya sendiri, sebelum ke topik pembahasan alangkah indah nya agan terlebih dulu mengetahui apa penyebab sang babon betina hingga hati memakan telurnya sendiri, berikut faktor penyebabnya:

1.Ukuran sangkar terlalu sempit, kondisi tersebut akan memberi peluang telur pecah jawaban terinjak-injak oleh babon, kemudian mendorong babon memakan telur nya sendiri

2. Kurangnya jumlah konsumsi menjadikan asupan beberapa nutrisi juga berkurang, Asupan Ca dan vitamin D misalnya. Ca dan vitamin D sama-sama berperan penting dalam pembentukan cangkang telur, defisiensi kedua nutrisi tersebut menjadikan kerabang telur yang dihasilkan tipis dan lembek. Kondisi itu pula yang nantinya menjadikan telur gampang retak dan karenanya merangsang ayam memakan telurnya sendiri.

3. Ketersediaan air kurang. Saat babon tidak mendapat asupan air minum yang cukup maka ayam akan berusaha mencari sumber air lain, termasuk dari putih maupun kuning telur.

Berikut cara menghentikan aktivitas kanibalisme sang babon:

-satu ahad sebelum ayam diperkirakan bertelur coba taburi sangkar umbaran dengan kulit kerang atau dapat juga kulit telur ayam/bebek yang sudah dihancurkan, kemudian beri ransum pakan ayam plus rebusan ikan sungai ibarat ikan wader, lele dll. dengan cara blender ikan tersebut.

-hasil blenderan campur dengan lifur + bekatul + beras jagung untuk pemanis protein dan mineral yang diperlukan ketika bertelur, jangan lupa beri taoge plus jangkrik untuk pemanis nutrisi dan vitamin, kemudian amati ketika bertelur apakah  masih melaksanakan aktivitas buruknya?

-Jika masih tidak berubah, coba sehabis bertelur segera ganti telur ayam ini dengan telur ayam negeri (lew horn) beri 4-5 butir, dan simpan telur ayam aduan tersebut, amati saja ayam yang bertelur ini jikalau tetap makan biarkan saja dan tambah porsi telur ayam negeri hingga si ayam benar benar puas makan (karena untuk memenuhi kebutuhan protein & zat kapur yang kurang)

-lakukan terus ketika periode ayam bertelur lagi, dan ketika akan  mengeram di tandai suara kruuk kruuk, dan bulu ayam mengkrok, sisakan telor ayam yang masih ada dan tambahkan beberapa butir telur ayam negeri, jikalau babon tersebut mengeram dengan normal (tidak mematuki telur lagi) biarkan selama 4-5 hari mengeram, dan jikalau selama 4-5 hari tidak ada tanda-tanda mematuk telur lagi, maka ganti telur ayam negeri dengan telurnya sendiri, dan biarkan sampai  menetas.

cukup sekian dari saya, semoga artikel diatas bermanfaat buat agan!!


Subscribe to receive free email updates: