Ayam Aduan Birma

                                     Keistimewaan Ayam Aduan Birma 


Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan topik mengenai kelebihan dan keunggulan ayam aduan trah Birma, di mana ayam jenis ini mulai dilirik dan sangat terkenal di kalangan ayam aduan dikala ini.

Ayam aduan Birma tergolong gres di Indonesia, mulai berkembang sekitar tahun 1998. Salah satu pendahulu  importir ayam Birma berjulukan Alex dari Surabaya. Menurut gosip yang kami terima, yang bersangkutan sudah kembali ke Thailand. Perkembangan ayam Birma kini ini mulai menampakkan titik cerahnya sesudah banyak penggemar yang mengetahui kelebihan-kelebihan ayam Birma. Dan dikala ini musim ayam aduan mulai beralih ke ayam trah Birma ataupun hasil persilangan dengan indukan trah Birma.


Ayam aduan Birma terkenal di kalangan penggemar ayam aduan dikarenakan ayam jenis ini mempunyai aneka macam kelebihan yang tidak dimiliki ayam bangkok jenis lainya. Adapun kelebihan ayam Birma yaitu sebagai berikut :

1)    Tidak mau bertarung dengan jarak dekat,
2)    Saat lawan  melancarkan serangan, ayam Birma mendahului memukul,
3)   Gerakannya sangat dinamis, mundur sambil melancarkan pukulan, bergeser ke kanan, ke kiri sambil memukul lawan, lari berputar sambil kembali menghantam lawan dan masih banyak lagi variasinya, tergantung jenisnya ayam Birma yang kita miliki,

4)    Pukulannya sangat akurat, yaitu di sekitar  kepala, mata, dan paruh. Teknik andalan yang dimiliki yaitu teknik nyawat dan mranggal. Bagi ayam Birma yang telah bertaji, teknik ini sangat membahayakan lawan alasannya target teknik ini yaitu area kepala, mata dan paruh.

Ayam aduan Birma akan menampakan kemampuan yang bergotong-royong di gelanggang pertarungan setelah ngorak (mbodol = ganti bulu). Tetapi, alasannya postur tubuhnya yang kecil, para penggemar ayam aduan Birma sering menyilangkannya dengan ayam Saigon/Vietnam, dengan ayam Bangkok, ataupun dengan ayam Brasil. Tujuannya yaitu biar trahnya mempunyai ukuran tubuh yang lebih ideal.





Subscribe to receive free email updates: