Cara Mengatasi Tembolok Macet Pada Ayam Aduan

         Mengatasi Tembolok Macet pada Ayam Aduan


Seringkali kita menjumpai ayam aduan kesayangan kita mengalami persoalan tembolok macet. Bila dibiarkan, tembolok macet ini akan mengganggu dan bahkan sanggup membahayakan ayam kesayangan kita. Tembolok macet sanggup terjadi ketika selesai ayam diabar/diadu kemudian ayam kita beri masakan yang keras, menyerupai beras merah, jagung, gabah, dsb. Tips dari kami, untuk mencegah tembolok macet, sebaiknya ayam diberi makan yang sifatnya lunak dan gampang dicerna.



 Meskipun demikian, kalau ayam aduan sedang mengalami tembolok macet, ada tips sederhana dan gampang dilakukan bagi anda pecinta ayam bangkok aduan sekalian. Berikut tips mengatasinya:

  1. Berikan minyak ikan pada ayam, dengan porsi: 7 butir/hari untuk ayam umur 2 s/d 3 bulan dan minimal 10 butir/hari untuk ayam dewasa. Setelah disuapi minyak ikan, berikan minum secukupnya pada ayam kemudian tembolok digoyang pelan-pelan untuk mempercepat proses pelarutan minyak ikan di tembolok. Selama perawatan, ayam jangan diberi makanan. Berikan minuman secukupnya biar tembolok cepat kempis.Sebagai langkah pencegahan tembolok macet, ada baiknya ayam disuapi minyak ikan sebanyak 3 butir sebelum diadu.
  2.  Berikan daun pengecap buaya, dengan menyuapi daun pengecap buaya pada ayam yang temboloknya macet. Suapi ayam dengan daun pengecap buaya hingga tembolok penuh, dan ulangi lagi hingga tembolok mulai kempes. Berikan minum secukupnya untuk memperlancar proses pencernaan pada ayam.

                         Cara Memotong Taji Ayam Aduan


Ayam aduan yang sudah dewasa sulit untuk dikendalikan pertumbuhan jalu/tajinya. Bila terlalu panjang taji sanggup menambah berat lawan gandengnya. Terkadang jalu yang panjang menyebabkan kita kesulitan untuk mencari lawan tanding di arena mengingat resiko yang besar menentukan lawan yang mempunyai taji panjang. Dengan demikian, taji panjang akan meningkatkan bobot tandingan ayam kita, dan tentu saja menyebabkan lawan kita lebih berhati-hati ketika menandingkan dengan ayam kita yang berjalu panjang.
Selain itu, taji juga sering mengganggu terlebih untuk pejantan/pemacek yang sudah berumur. Taji yang terlalu panjang pada pejantan sanggup mengenai betina pada ketika proses perkawinan dan kalau dibiarkan tentu saja akan mengganggu proses perkawinan indukan tersebut. Di samping itu, kerugian lain ayam yang berjalu panjang yaitu sanggup mengganggu acara keseharian ayam, menyerupai ayam tidak leluasa untuk berjalan/bergerak.


Untuk mengatasi permasalahan sebab jalu panjang ini ada 2 cara yaitu;
  1. Carilah kentang atau ketela rambat sebesar ibu jari kaki. Buat lubang yang pas sesuai besarnya jalu. Setelah itu, kentang/ketela rambat dibakar di tungku. Bila panasnya sudah cukup masukkan jalu ke lubang yang sudah dibentuk di kentang/ketela rambat tersebut. Selang 5 menit kentang/ketela rambat sanggup dicabut. Langkah selanjutnya, cobalah jalu diputar dengan memakai tang secara perlahan, kemudian cabut mata jalu dari kulitnya. Inti jalu hanya memerah dan tidak akan berdarah. Setelah itu, olesi inti jalu tersebut denganbetadyne/obat merah secukupnya untuk mencegah infeksi. Dalam jangka waktu sekitar 2 minggu, inti jalu akan layu, mengecil dan kemudian lepas dengan sendirinya. Jalu yang tersisa menyerupai jalu ayam yang masih muda
  2. Cara kedua yaitu dengan memotong jalu ayam secara langsung. Agar tidak mengeluarkan darah ada cara yang gampang dan mudah untuk dilakukan. Pertama, tentukan dulu panjang jalu yang akan disisakan dan berilah tanda. Langkah selanjutnya, olesi jalu dengan pomade (minyak rambut yang kental dan lengket), alat pemotong (gergaji besi kecil dengan lebar + 1,5 cm) juga diolesi dengan pomade. Jalu diberi bantalan yang cukup berpengaruh biar tidak goyah pada ketika dipotong. Terakhir, mulailah memotong jalu tersebut dengan gergaji besi. Yang harus diperhatikan yaitu pada ketika menggergaji jalu jangan hingga berhenti sebelum jalu benar-benar putus. Kalau hingga berhenti, darah akan mengalir dari luka bekas ukiran gergaji tersebut


Demikian sharing tips kami mengenai cara mengatasi tembolok macet dan juga cara memotong jalu pada ayam aduan. Semoga tips ini sanggup berkhasiat bagi rekan ayamania dan menambah wawasan bagi kita pecinta ayam aduan.

Subscribe to receive free email updates: